Ciri-Ciri Ajaran Sesat Kristen Yang Harus Diketahui

Ajaran sesat adalah suatu hal yang menyimpang dari agama, hal tersebut merupakan suatu yang harus kita waspadai. Ada banyak ajaran sesat yang belakang ini muncul di tengah-tengah masyarakat, dengan keterbatasannya ilmu terkadang orang akan gampang terpengaruh tentang sesuatu hal yang bahkan bertentangan dengan agama. Contohnya ajaran sesat dalam kristen merupakan ajaran yang menyimpang dan tidak sesuai dengan apa yang telah diajarkan di alkitab sudah pasti ajaran tersebut menyimpang dari ajaran kebenaran. Hal yang harus ditanggulangi adalah bagaimana ciri-ciri ajaran sesat kristen agar nantinya anda tahu mana yang benar dan mana yang salah sehingga nantinya tidak akan tersesat ke dalam ajaran yang salah.

Ciri Ajaran Sesat Yang Harus Diketahui

Karena saat ini banyak sekali bermunculan ajaran-ajaran sesat yang pastinya cukup meresahkan banyak orang berikut ini akan dibahas apa-apa saja ciri ajaran sesat dalam agama kristen yang harus dihindari dan juga diberantas. Oleh karena itu artikel ini dibuat agar anda tidak terjerumus kedalam ajaran sesat yang sekarang sudah banyak bermunculan. Berikut ini adalah ciri-ciri ajaran sesat yang harus dihindari.

Membawa kebenaran baru atau wahyu yang baru

Salah satu ciri ajaran sesat yang pertama yaitu adanya keyakinan atau adanya kebenaran baru seperti wahyu baru yang disebut-sebut sebagai sesuatu yang benar dan juga lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya. Salah satu contohnya adalah ajaran yang meyakini adanya agama baru yang datang untuk menggantikan agama yang sudah ada. Prinsip mereka yang biasanya mengikuti ajaran mormon “ Apabila Allah berbicara pada zaman dahulu maka Allah akan dapat menyampaikan wahyunya pada masa kini”. Pada setiap mormon tidak hanya mempercayai alkitab saja melainkan kepada empat sumber firman yang diturunkan. Yaitu Alkitab, Kitab mormon dan juga perjanjian mutiara yang berharga. Namun untuk hal ini kitab mormon pun tidak bisa disalahkan. Pengertian dosa secara alkitab bisa saja berbeda dengan apa yang kita tafsirkan jadi biasanya akan banyak perbedaan menghasilan pengertian yang menyimpang. Bahkan ada beberapa penafsiran yang sangat bertolak belakang dari alkitab. Karena itu beberapa ciri yang akan kita bahas nantinya sebagai pengingat anda untuk dapat menjauhi agama-agama sesat yang bermunculan.

Membawa penafsiran yang baru

Biasanya untuk ajaran sesat yang muncul menggunakan penafsiran barus seperti halnya sbobet88 prinsip hermentus. Pengguna prinsip hermeneutis biasanya menggunakan pendekatan tertentu saja. Manfaat berdoa yang dipercayai orang kristen yaitu akan selalu membawa ke jalan yang benar asal sesuai dengan apa yang diajarkan. Malah dijerumuskan oleh oknum yang menyesatkan.

Children of God

Seperti yang sudah ditafsirkan oleh children of God dimana menempatkan segala yang dipunya sebagai kepunyaan bersama, bukan hanya berlaku bagi harta dan juga benda tapi juga untuk kepemilikan tubuh. Sehingga nantinya akan mendapatkan pengertian secara harfiah secara berlebihan. Terlebih biasanya dalam ajaran ini suatu kegiatan diperkenankan untuk sharing yang dimana nantinya akan menjurus kepada memperbolehkan anggota untuk berhubungan seksual secara bebas dengan sesama anggota, walaupun hubungan pernikahan tetap berlaku di dalam anggotanya. Jelas ini adalah hal yang dilarang dalam agama. Perlakuan ajaran seperti ini akan menjerumus kan pengikutnya kepada dosa. Walaupun biasanya dalam ajaran sesat, hal ini adalah salah satu yang digunakan sebagai penarik anggota.

Saksi Yehovah

Ajaran saksi Yehovah biasanya lebih menekankan kepada hermeneutis yang biasanya terkait dengan larangan seperti halnya berjudi, merokok, dan juga minum-minuman keras. Dan biasanya nya mereka juga melarang anggotanya untuk ikut merayakan hari besar agama kristen seperti halnya Natal dan juga Paskah. Selain itu biasanya agama yang diajarkan juga melarang anggotanya untuk menghormati bendera dan masuk kedalam militer. Secara tidak langsung biasanya agama ini juga menentang pemerintahan. Larangan juga termasuk kepada pemilihan umum dan juga untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Mempunyai pandangan yang salah terhadap Alkitab

Kita semua tahu perkembangan ajaran sesat kristen berpatok kepada Alkitab namun ada beberapa yang mengabaikannya adanya hukum kasih dalam alkitab. Biasanya mereka akan meyakini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan ajaran mereka atau bisa dikatakan Injil Minus. Serta biasanya menambahkan juga beberapa pemahaman-pemahaman lain atau kitab lain yang disebut dengan “Injil plus” hal ini nantinya akan membuat para anggota percaya bahwa ajaran tersebut benar adanya.

Ajaran Trinitas yang tidak seimbang

Seperti yang kita sudah ketahui ajaran sesat adalah ajaran yang menyimpang dan juga merupakan ajaran yang tidak seharusnya. Biasanya mereka yang mendirikan agama sesat memiliki pemahaman yang berbeda terhadap Allah, Yesus dan juga Roh kudus. Hal ini bahkan sudah di peringati oleh Rasul Petrus untuk selalu berhati-hati terhadap terhadap ajaran dan juga guru-guru palsu yang nantinya akan muncul. Sesungguhnya untuk ajaran-ajaran kristen adalah hal yang sudah dijelaskan sesuai pada alkitab. Ada beberapa ciri-ciri yang juga harus anda pahami agar nantinya tidak ada kesalahpahaman dalam memahami sesuatu agar tidak memilih jalan yang sesat.

Adanya gerakan pada zaman baru

Adanya pemahaman tentang agama dan imam-imam yang bertolak belakang dengan beberapa aspek seperti halnya kehidupan antara manusia dengan tuhan. Adanya hal-hal yang bertolak belakang dengan norma agama dan juga yang sudah disebutkan di Alkitab.

Membawa dari sumber otoritas tertulis baru selain dari alkitab
Biasanya ajaran dalam agama sesat juga akan memberikan sumber-sumber yang salah yang akan menjerumus kan pengikutnya kepada perilaku dosa dengan sumber yang tidak di percaya. Namun terkadang mengatakan sumber tersebut dari kitab-kitab lain. Nantinya hal tersebut bisa saja dipercaya oleh sebagian orang.

Menggambarkan sebuah Yesus yang baru

Faktanya dalam agama kristen gambar yesus yang umum dikenal berasal dari era Bizantium pada abad ke-4 masehi dimana gambaran yesus bersifat simbolik yaitu berdasarkan mengenai makna dan tidak akurat secara historis dan bentuk. Biasanya dalam agama-agama sesat akan digambarkan yesus dengan bentuk baru.

Menggunakan istilah-istilah dari Alkitab namun dengan makna non-Alkitabiah

Semuanya pasti tau ajaran yang berada di Alkitab adalah ajaran yang mutlak dipercaya sesuai dengan maknanya. Namun untuk ajaran sesat yang dibuat biasanya akan menggunakan istilah-istilah yang sama dengan alkitab hanya saja maknanya dan penafsiranya akan melenceng atau bahkan akan bertolak belakang. Sesuatu yang nantinya bisa anda jadikan pengingat jika hal ini anda temukan. Tetaplah berpegang teguh pada agama dan pendirian anda dan juga ajaran alkitab yang sebagaimana mestinya.

Itulah beberapa ciri-ciri yang harus kita semua waspadai tentang ajaran sesat kristen yang biasanya berkembang dengan mudah di masyarakat karena kurangnya pengetahuan dan juga pemanfaatan oleh oknum-oknum yang menjerumuskan. Semoga dengan artikel ini nantinya kita semua akan terhindar dari ajaran-ajaran sesat yang akan menjerumuskan kita pada sesuatu yang salah dan perbuatan dosa. Semoga hal ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terimakasih.